Arung Jeram Kasembon (2)


Arus Bisa Distel, Tawarkan 12 Jeram

rafting.jpg

 

Wisata arung jeram Sungai Sumberdandang Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang ini masih tergolong baru, maklum peresmiannya 8 Desember 2006 lalu. Namun dibandingkan wisata arung jeram lain di Indonesia, tempat ini memiliki keunggulan tersendiri karena arus airnya dapat distel sesuai keinginan peserta rafting.

Ini karena keberadaan tiga waduk penyuplai air ke sungai tersebut, yaitu Waduk Selorejo, Mendalan, dan  Waduk Siman. Dari ketiga waduk ini, Waduk Siman lah yang berperan penting dalam suplay air.

“Air dari Waduk Selorejo dialirkan ke Mendalan, lalu dialirkan ke Siman baru kemudian ke sungai Sumberdandang,” tutur Heru Sukarno, Operator Kasembon Rafting.

Ada tiga kategori arus air yang ditawarkan Kasembon Rafting, besar, sedang, dan kecil. Untuk ukuran arus besar, maka arus mencapai 4,3 meter kubik per detik, dan ukuran sedang 4,1 meter kubik per detik, di bawah itu berarti termasuk kategori kecil. Panjang sungai yang akan dilewati peserta arung jeram mencapai 7,5 kilometer, yang jika perjalanan normal dapat ditempuh dalam waktu 2 hingga 2,5 jam. 

“Perjalanan normal ini tergantung peserta rafting, apakah akan mendayung atau hanya santai saja menunggu perahu dijalankan oleh arus,” tambahnya.

Selama perjalanan tersebut, peserta akan melewati 12 jeram. Mulai dari jeram selamat datang, jeram uglik-uglik, jeram bayem, jeram Bejirejo, jeram pilar,  jeram delta, jeram Kasembon, jeram pudak, jeram Pait, jeram zigzag, jeram Bantaran, dan terakhir adalah jeram goodbye. Dari ke 12 jeram tersebut, nurut Heru, ada lima jeram yang paling besar. 

Saat ini Kasembon Rafting memiliki 15 pemandu dari anak daerah Kasembon dan enam atlit rafting nasional. “Kami memiliki 11 perahu, tapi jika pengunjung banyak kita berkoordinasi dengan pengelola rafting di Probolinggo untuk meminjam perahu dari sana,” ungkap Heru.(*) 

 

Yang Perlu Disiapkan  

Beberapa perlengkapan yang harus disiapkan saat arung jeram:

1. Sepatu atau sandal khusus arung jeram. Ada beberapa merek sepatu terkenal seperti Adidas yang menawarkan sepatu khusus arung jeram. Sepatu atau sandal khusus arung jeram akan melindungi anda dari bebatuan tajam sungai, jika anda terjatuh. Hindari menggunakan sandal jepit karena kemungkinan untuk hilang sangat besar

2. T-shirt dan celana berbahan ringan seperti lycra atau parasut yang mudah kering dan tidak terlalu menyerap air

3. Kacamata hitam (optional)

4. Krim pelindung matahari

5. Baju ganti

6. Air mineral untuk diminum selama perjalanan.

7. Sarung tangan agar tangan kita tidak belang (tapi nggak tau nih, boleh gak sama operatornya. Terus terang aja, tanganku belang dan sampe sekarang masih sangat terlihat perbedaan warna kulitnya)

 

Seru untuk Acara Keluarga 

Banyak alasan kenapa seseorang memilih olahraga arung jeram. Flexter Malang misalnya, sengaja mengajak anggotanya berarung jeram untuk meningkatkan kesolidan tim sekaligus sebagai refreshing di tengah kepenatan aktivitas.

“Karena saat arung jeram, semua anggota tim harus bekerja sama, mendayung bersama, tidak ada jarak yang memisahkan. Tak ada istilah atasan atau bawahan, sebab atasan dalam rafting adalah pemandu yang instruksinya harus kita dengarkan,” kata Freudenreich Haryo, Ketua Flexter Malang.

Pilihan tersebut ternyata tidak sia-sia, anggota yang selama ini hanya mengenal nama menjadi lebih kenal dan berteman dekat dengan anggota lainnya. Sedangkan mereka yang sudah dekat semakin terlihat akrab. Di samping itu, pilihan rafting juga menjadi alternatif rekreasi berbeda yang tidak dapat ditemui di Kota Malang. 

 “Kalau di kota, paling kita hanya jalan-jalan ke mall, nonton, atau wisata ke taman wisata saja. Tapi ini kan berbeda, nuansa alamnya ada, petualangannya juga tak kalah seru,” kata Mario, pemilik AM Cell di Malang Plaza yang ikut dalam acara tersebut.  Pernyataan ini juga dibenarkan oleh Citra Kurniawan, Flexter Malang yang juga pegawai PT Telkom Kandatel Malang.

“Tantangannya seru. Selain itu, rafting menjadi kegiatan positif untuk anggota komunitas ini,” tambahnya.  

Meski demikian, rafting sebenarnya tak hanya bagus untuk dijadikan pilihan aktivitas sebuah komunitas atau instansi saja, karena olahraga ini juga cocok untuk keluarga di musim liburan. Keluarga Saiful Bahri dari Lowokwaru Malang adalah satu dari sekian banyak keluarga yang memutuskan mengisi liburan dengan rafting.

Tidak tanggung-tanggung, Saiful mengajak istri dan ketiga anaknya yang masih kecil.  “Kami baru pertama kali ini ikut rafting. Saya ingin mengenalkan olahraga ini kepada anak-anak, mendidik mereka untuk tidak takut berpetualang, dan mereka menanggapinya dengan semangat,” kata pria yang sehari-hari bekerja di Surabaya ini.(*)  

21 responses to “Arung Jeram Kasembon (2)

  1. wah, alamatnya ya Kasembon Malang, githu… mo nyobain?
    posisi dimana? klo di Malang aja ntar aku bantuin deh, klo luar kota ya.. ke Malang dulu, he3…

  2. saya sih yang pernah ke arung jeram di probolinggo, meski rmh di malang karena info yg didapat mengenai kasembon kurang. pernah aku hub no telp pny dihubpar malang tp kok gak ada yg ngangkat ????

  3. Awang: pengelola Kasembon emang pihak ketiga, gak langsung dinas pariwisata, makanya mereka juga kurang paham banget soal KAsembon Rafting…
    mo info lebih lanjut, u could phone me @ 0341-8152990

  4. Kus> waduh, klo peta kayaknya susah ngejelasinnya deh. Aku agak buta peta githu dech…
    Tarifnya Rp 125 ribu per orang… kalo banyak orang biasanya dapet diskon… *Tapi, kata temen2 yang udah pernah rafting di Probolinggo, Kasembon jadi terasa amat sangat kurang menantang. Itu kata mereka loh.. Tapi kalo pemula kayak aku yaa cukupla*
    Oke dech, semoga bermanfaat ya…

  5. wah kaya’nya asyik ya rafting di kasembon, tapi udah nyoba di pekelen atas di probolinggo….ga’ lengkap kalo ga’ nyoba di pekalen atas ama NOARS Rafting….see u

    >>>Hi juga mas Bagus…tenkyu ya…
    Btw, atas nama Flexter Malang, QT dah terima imel penawarannya kok. Cuma ya itu, sekarang masih nyesuain jadwal kapan mo rafting ke sana…

  6. Cak Kus..klo peta agak susah nggambarnya…tapi yg gampang bisa lewat Malang-Kasembon (naik bus dari terminal Landungsari) atau via Jombang-kasembon (Dari terminal naik bus jurusan Malang-turun pasar Kasembon) kemudian naik ojek 5 ribu rupiah ke lokasi. Selamat mencoba

  7. ass
    mbak aku mo nanya klo info ttg yg di probolinggo
    biaya n fasilitasnya dsana.krn aku maw coba rafting ma tmn2 kantor nih
    tpi kami pemula semua ada saran?
    tengkyu ya.mohon informasi


    >>> Wassalamualaikum Wr Wb…
    salam kenal mb Lucy…
    waduh, soal yg probolinggo, aq belom pernah kesana tuh…
    jadi ga bisa kasih info…
    pernah sih dapet imel dari pengelola rafting Noars Probolinggo, cuma ga aku simpen…
    tanya via phone aja, hehe 😉
    tpi kata temen2 yg udah ke sana, bener2 TOP be-ge-te loh…..
    mau bulan2 ini? waaaah, gi musim ujan loh…..

  8. wHUaaa….
    aSikk…aSikK…asIiiiKkkk dEgh pOkOkNya…..
    akYu uDah 2 kaLi nYobaIn *wiTh fLExteR maLang oP cOuRsE* hE5x.

    nExT pLannIng pEngeN nyobaIn yG @pRoboLinggO tUh.
    hUnnY bUnnY sWeeTy……. fLExTer ngaLAm aDa pLannIng kEsana gA???? huEhehehe……

  9. wah, gw sering rafting di elo magelang jogya grade 2, terus di serayu grade 1 …, di jabar ..dll
    eh ……… gak tahunya di desa asal saya mendalan kasembon itu ada raftingnya ya! lg growth lg …. naif dech …!
    ntar plg kmpng lebaran gw cobain …. hitung-hitung waktu kecil saya dulu juga sudah rafting di sungai tsb, tapi pakai ban truck ….

    hebat dech … kampung hlmn ku

  10. numpang promosi :

    kalau ada yang ingin membeli perahu rafting dengan segala macam ukuran silahkan hubungi saya di 021-88344869/085692948512. harga terjangkau

  11. Lokasi kalau dari Malang adalah ke arah Kediri, nanti ketemu PLTA Mendalan. Nah, lokasinya tidak jauh dari situ.
    Kalau dibanding Pekalen (Regulo/Songa) memang kurang seru, tetapi tetap ada sisi menantang karena jeramnya dalam dan sangat vertikal (jeram buatan bendungan). Tetapi pemandangannya memang jauh berbeda. Entah lagi kalau dibanding Noars yang notabene satu grade di atas Regulo/Songa.

  12. kasembon rafting yg dimalang ad fbnya gk?
    hari selasa kemaren ada seklh yg rekreasi kesana gk? sekolh mn?
    pmndu raftingny jg pny fb gk?

    ow, am sooorrriiii… rafting ksanax udah lama banget.
    dan ga tau, mereka py fb apa enggak…^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s