Mimpi


Setiap orang memiliki mimpi
ada yang berusaha dan mewujudkan mimpinya itu…
ada yang mundur dan melepaskan mimpinya
ada juga yang hanya diam dan memendamnya seumur hidup..

Kalimat ini diucapkan Alya, tokoh utama dalam film Cinta Pertama yang dibintangi Bunga Citra Lestari. Ehm, dari kalimat itu, dalam kategori yang manakah anda?

Aku sendiri, mungkin termasuk dua yang pertama. Ada satu saat, ketika aku mempunyai mimpi dan keinginan, akan membuat bekerja sepenuh hati untuk segera mewujudkannya. Langkah apapun, selama masih dalam koridor ‘etika menurutku dan menurut batasan keyakinanku’ pasti akan aku jalani. Jika sudah demikian, maka mimpi dan keinginan yang sepertinya mustahil untuk dicapai seorang dewi yuhana, ada kalanya dapat terwujud.

Meski demikian, tak sekali dua kali juga aku memutuskan untuk mundur dan melepaskan mimpiku. Ini, jika aku menyadari dengan sepenuh hati apa yang aku inginkan tersebut sulit dan tak mungkin aku penuhi. Ada seorang motivator yang mengatakan, jangan pernah berkata tidak bisa, selalu ucapkan ‘AKU BISA’, agar dua kata tersebut dapat menjadi sebuah motivasi. Aku berusaha untuk melakukan itu, tapi ada kalanya ‘Aku Bisa’ tak dapat terucap dengan lantang. Hingga sebuah keyakinan besar yang sebelumnya ada dalam benak dan pikiranku pun menguap, lalu… aku mundur…

2 responses to “Mimpi

  1. Mengutip dari tulisan Andrea Hirata dalam bukunya Edensor (buku ketiga dari tetralogi laskar pelangi) “Bermimpilah, karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpi itu”. Membuat kita akan lebih berani untuk bermimpi dan berusaha mewujudkannya.
    Berbeda pula dengan pendapat seorang temenku dr IFRC, “buat apa punya mimpi, kalo hanya akan menyita sebagian dari kedamaian hidup kita”. Jadi menerutnya, kita harus selalu bersyukur “narimo ing pandum” karena semua telah tergariskan olehNya.

    rgds

    bersyukur berarti tidak hanya pasrah, menerima yang diberikan oleh-Nya begitu saja
    bersyukur adalah memanfaatkan dan menggunakan segala daya dan upaya
    mengerahkan akal pikiran, anugerah terbesar dari-Nya untuk mencapai impian dan harapan
    jika hanya diam, nrimoan…

Tinggalkan Balasan

