Inti Maaf


Beberapa hari lalu aku menulis dan bertanya tentang “Mana yang lebih sulit, minta maaf atau memaafkan” di blogku yang lain. Karena menurutku, dua-duanya sama-sama sulit.

Waktu itu, ada beberapa komen yang masuk. Ada yang berpendapat lebih susah memaafkan dari pada meminta maaf, ada yang setuju denganku, dan ada yang mengatakan meminta maaf jauh lebih sulit.

Meminta maaf dan memaafkan. Sampai hari ini aku masih berpendapat bahwa keduanya sama-sama tidak gampang untuk dilakukan. Membutuhkan niat tulus ikhlas dari orang yang meminta maaf untuk mengungkapkan keinginannya, juga keikhlasan hati bagi pemberi maaf untuk menerimanya.

Meski demikian, inti dari meminta maaf dan memaafkan sebenarnya bukan sekadar sebuah ungkapan kalimat yang terucap dari mulut “Saya mohon maaf”, atau “Oke, saya maafkan”. Lebih dari itu, meminta maaf dan memaafkan adalah komitmen untuk berubah menjadi lebih baik. Kenapa?

Saat kita meminta maaf, berarti kita berharap pengampunan atas kesalahan atau keteledoran ucapan dan perilaku kita. Karena itu, saat meminta maaf berarti kita sudah siap untuk memperbaiki diri dengan tidak mengulang perbuatan yang sama. Begitu juga dengan memaafkan, berarti kita belajar untuk selalu ikhlas dengan terus berusaha menghilangkan rasa kesal, sebal, dan dendam akibat perbuatan seseorang. Berusaha untuk selalu berpikir positif, tanpa terkontaminasi sebuah prasangka buruk.

Jika keduanya dapat dilakukan, maka kita benar-benar kembali kepada inti fitrah, suci. Kita dapat memulai dari nol, dari awal, dan mewarnai perjalanan hidup dengan warna-warna cerah dan indah tanpa perasaan benci atau dengki. Karena itulah, menjelang Hari Raya Idul Fitri ini, perkenankan saya memohon maaf kepada anda semua yang berkesempatan mengunjungi blog ini.

**Mohon Maaf Lahir dan Batin**

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s