kEcanTIKAN ALAmi


Saat membaca cerita ini di salah satu buku Chicken Soup, aku dulu langsung menangis terharu. ketika membaca kedua kali, aku masih saja menangis. Karena itu, aku ingin berbagi dengan temen2 semua tentang cerita yang mampu membuat bengkak mataku itu.

Alkisah, di sebuah negara, perusahaan kosmetik internasional membuat sayembara kecantikan yang bisa diikuti oleh siapapun. Peserta sayembara diminta untuk mengirimkan foto seseorang (bisa rekan, sahabat, sodara, ato siapapun) yang dinilai memiliki kecantikan alami. Hadiahnya sangat menggiurkan sehingga membuat puluhan ribu orang tertarik mengikuti sayembara itu.

Saat penjurian, salah satu juri terkaget-kaget dengan satu surat dan foto yang dikirimkan seorang anak kecil, sebut saja namanya Andrew (huehehe…aku lupa namanya, jadi dikasih nama Andrew ajah!). Dia masih kelas empat SD dan merekomendasikan seorang perempuan yang tinggal di ujung gang rumahnya. Andrew tak lupa menyisipkan foto  perempuan yang sudah membuat hatinya ‘bergetar’ berikut menuliskan alasan kenapa dia layak disebut cantik.

“Perempuan itu sangat cantik. Setiap aku berangkat sekolah, dia selalu menyapaku dan tersenyum tulus. Senyumannya bak sinar matahari yang setia menyinari bumi, memompa semangatku setiap hari tanpa pernah aku memintanya, sehingga akupun  tak pernah lagi merasa ragu untuk berangkat ke sekolah. Hanya dengan melihatnya, aku tahu jika dia memiliki kecantikan alami yang tak dipunyai oleh wanita lain”…itulah sepenggal isi surat si bocah.

Usai membaca surat dan melihat foto, sang juri langsung menyerahkannya kepada direktur perusahaan kosmetik, tanpa berkata apa-apa. Ketika melihatnya, sang direktur tertegun dan memandangi foto itu cukup lama.

Beberapa saat kemudian dia berkomentar, “Anak ini tahu apa arti dan makna kecantikan alami yang sebenarnya. Tapi kita tak mungkin memenangkan dia dan foto ini. Kalau iya, produk kita tak akan laku,” katanya.

Tahukah anda, siapakah yang direkomendasikan anak itu? Dia, seorang nenek tua, dengan kulit keriput yang tersenyum dengan gigi ompongnya.

One response to “kEcanTIKAN ALAmi

  1. Ping-balik: Katakan “Saya Cantik”! « Dunia Dewi

Tinggalkan Balasan

