Masa Lalu, Sekarang, dan Masa Depan


Jangan pernah melupakan, atau bahkan sengaja menghilangkan momen yang pernah terjadi dalam perjalanan hidup. Karena setiap peristiwa, yang kecil atau yang besar, yang menyenangkan atau menyedihkan adalah pelajaran.

Peristiwa menyakitkan dikenang bukan untuk dijadikan hantu-hantu malam, tapi menjadi pengingat agar kita tidak melakukan kesalahan yang sama. Begitu juga dengan kejadian menyenangkan, selalu diingat bukan untuk dijadikan pemuas ego dan kesombongan, tapi motivasi untuk lebih maju dan menjadi insan yang lebih baik lagi.

Masa lalu, saat ini, dan masa depan, memiliki mata rantai yang tak akan terputus. Ibarat puzle, kita tak dapat menyembunyikan atau menghilangkan satu keping pun, karena akan membuatnya tak sempurna. Bahkan, mencoba mengganti kepingan kusam dengan satu keping sejenis yang baru, tetap akan terlihat dengan jelas. 

Begitu juga dalam hidup, kita tak dapat berbohong dan mencoba menciptakan sejarah baru, hanya untuk membuat perjalanan hidup terlihat indah. Sekeras apapun kita menyangkal secuil peristiwa menyedihkan, menyakitkan, atau memalukan, ia akan tetap datang dan menampakkan diri di depan mata. Sekarang, tinggal bagaimana kita menyikapi dan melihat peristiwa tersebut, lalu belajar darinya. 

2 responses to “Masa Lalu, Sekarang, dan Masa Depan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s