Subsidi Siswa SMK


Rp 50 Ribu Per Siswa

        Siswa kelas tiga SMK negeri maupun swasta yang hendak mengikuti Ujian Nasional dan Ujian Kompetensi dapat sedikit berlega hati. Mulai tahun ini mereka mendapat subsidi Rp 50 ribu dari pemerintah, untuk digunakan sebagai tambahan ‘modal’ ujian kompetensi yang selalu menghabiskan dana besar.

            Saat semua harga kebutuhan naik, Rp 50 ribu memang tak terlalu memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Apalagi dana yang dibutuhkan siswa SMK untuk ujian kompetensi jelas tak sedikit. Khusus untuk siswa jurusan Tata Busana misalnya, mereka harus mendesain baju, mencari dan membeli bahan, sekaligus ‘membooking’ model untuk memeragakan kreasinya di ats panggung. Setiap ujian kompetensi jurusan Tata Busana, seringkali selalu dihelat dalam suasana glamor bak fashion show asli.

           Meskipun sedikit, paling tidak subsidi tersebut menjadi wujud perhatian pemerintah terhadap generasi muda bangsa ini.

3 responses to “Subsidi Siswa SMK

  1. Pemerintahan sekarang emang hobi ngasih subsidi. Udah gitu, pukul rata, lagi. Contohnya, dana BOS Buku. Semua siswa tak pandang kaya atau miskin dapat satu siswa satu buku. Bagi siswa Santa Ursula atau Al Azhar, bantuan ini tidak ada artinya. Alangkah baiknya jika bantuan dipilah lebih rinci sehingga yang mendapatkan bantuan adalah mustahaknya. Salam Kenal.

  2. aku sangat setuju jika dinas dikmenti memilih siswa dr sekolah yg betul membutuhkan biaya un karena selama ini dlm pemberian subsidi selalu dipukul rata.


    Kalo sekolah bersangkutan (dengan siswa dari keluarga mampu) ‘sadar diri’, pasti akan menolak BOS. Salah satu sekolah penerima BOS di Malang yang menolak untuk menerima bantuan adalah Carish Internasional. Cuma ya itu, kira-kira…dana yang memang sudah ada dan dialokasikan itu dikembalikan atau disalurkan kepada mereka yang berhak atau tidak ya? 🙂

  3. mbak kita seharusnya bersyukur. Di tata busana “harus” mendesain baju, mencari dan membeli bahan, membooking’ model untuk memeragakan kreasinya di atas panggung ya ?
    ada lho busana yg tanpa biaya seperti anak yg tidak mampu yg pernah aku posting di blogku (barang bekas sebagai media pembelajaran n klik aja fotonya) n misal kalo fashionnya di pasar, trotoar jalan raya, di pantai (ancol) kayaknya lebih seru 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s