Guru Swasta Tak Layak Sertifikasi?


        Kuota Sertifikasi Guru dalam jabatan Kota Malang tahun 2008, sebanyak 1.180 guru. Dari total tersebut, sebanyak 1006 guru merupakan guru berstatus PNS, sedangkan sisanya 174 adalah guru swasta.

       Saya belum tahu pasti data total guru yang ada di Malang, dan komposisi PNS:Swasta. Meski demikian, rasanya perbandingan antara guru PNS dan swasta yang berkesempatan untuk mengikuti Sertifikasi Guru kuota tahun ini sangat njomplang. Saya jadi teringat keluhan salah satu guru yang mengikuti Seminar Peningkatan Profesionalisme Guru yang digelar di Balai Kota Malang, 16 Februari 2008, lalu.

        Guru tersebut, seorang perempuan berjilbab, yang sayang sekali saya lupa namanya, menyampaikan kekecewaannya atas selisih kuota guru PNS dan swasta yang dapat mengikuti sertifikasi. Bahkan kala itu, di depan Wali Kota Malang Peni Suparto, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Malang Dr Shofwan M.Si, bu guru anggun tersebut menilai ada aksi ‘pilih kasih’ yang menganak emaskan guru PNS dan ‘menelantarkan’ guru swasta.

        “Padahal, dalam kuota 2007 lalu banyak guru swasta yang lulus penilaian portofolio tanpa harus mengikuti pelatihan. Karena sebenarnya potensi dan kemampuan guru swasta tak kalah atau bahkan mungkin tak sedikit yang lebih di atas guru PNS,” ucapnya.

        Malam tadi, saya menanyakan perbedaan guru PNS dan guru swasta tersebut kepada wartawan pendidikan yang menulis berita tersebut. Sayangnya, dia sendiri kurang mengetahui penyebabnya dan belum memiliki data lengkap tentang jumlah guru di Malang. “Besok Insya Allah sudah ada,” katanya.

 

 

9 responses to “Guru Swasta Tak Layak Sertifikasi?

  1. wah, biasa, masalah begini pasti ada permainan…

    he3, keknya sih githu…
    maklum lah, orang kito ini emang suka bermain2…. 😉
    btw, eniwe baswe, ni si Det JP atooo Det-Det-an ajah?!

  2. Saya termenung dan terdiam …
    Sebab menurut pendapat saya … justru guru swasta itu banyak yang lebih baik dari guru PNS bukan ?

    (walaupun juga ada Guru PNS yang bagus dan Guru Swasta yang kurang Bagus)

    Tapi …???
    Ah …

    http://theordinarytraner.wordpress.com

    Salam nh18
    (yang mencoba menjadi “guru” yang baik di perusahaan swasta)

    🙂

  3. YANG BENAR
    BUKAN LAYAK ATAU TAK LAYAK
    TAPI
    SESUAI ATAU TAK SESUAI DENGAN ATURANNYA
    DAN ATURANNYA JELAS ADA
    DI http://WWW.SERIFIKASIGURU.ORG
    BACA BUKU PANDUANNYA ATAU DOWNLOAD AJA BERES

    ehmmmm…..
    semoga pemilihan huruf kapital bukan karena hal negatif 🙂

    ngomong2 “sesuai atau tak sesuai dengan aturannya”, mungkin harus ada pertanyaan yang perlu dijawab, apakah peraturan tersebut sudah dilaksanakan dengan SESUAI?
    salam kenal bapak…

  4. ya ya ya aku khilaf, maaf sekali lagi maaf
    sepenilaian aku, aturan dah dijalankan
    tapi
    sesuai selera mereka yang lagi jadi atasan
    alias pegang kekuasaan

    dan konyolnya lagi, sewaktu aturan-aturan itu dibikin, nggak pake uji publik
    masak guru non PNS cuma dikasih jatah 15% terbanyak 25% buat ngikutin sertifikasi guru
    kan kalo dapet tunjangan profesi artinya ningkatkan kesejahteraan

    apakah guru-guru PNS yang 75% itu juga merasa belum sejahtera?

    coba aku dijadikan mendiknas, 75% kukasihkan engkau wahai guru-guru non PNS alias guru swasta kale!

  5. tulisan anda sebetulnya bagus dan anda berpotensi jadi pejuang pendidikan . agar tulisan anda berarti yang anda perlukan hanya data yang akurat dan riil itu saja atau kita bisa kolaborasi menyusun fakta dan data , mau?

  6. ssertifikasi guru.. syarat d antaranya jam ngajar 24 jam… gmn bs trpenuhi… hai pemerintah… *klau guru profesional ya guru swasta*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s