Copy Paste…Pembajakan Karya


“Kalau ketemu, saya akan tampar mukanya!!!. Biarin dilaporin ke polisi, akan saya laporkan balik. Rasanya sakit sekali hati ini, kok ada orang seperti itu!”

Kalimat tadi diucapkan ibu saya di Malang beberapa hari lalu. Whew!!, cukup kaget mendengarnya. Karena ibu saya termasuk sosok sabar dan lemah lembut, yang tak akan mau mengotori tangannya untuk melakukan perbuatan kasar seperti ‘menampar’. Ups! tunggu dulu…bukan tanpa sebab jika ibu saya mwaarrrah sekali. Ia marah karena kesal dan sedih dengan perilaku oknum-oknum di Departemen Agama yang tak hanya memalukan instansi, tapi juga merendahkan martabat dirinya sendiri.

“Kurikulum Bahasa Arab yang dibuat bapak, dibajak oleh oknum Depag. Kurikulum Bahasa Arab untuk SMA, diganti untuk MA. Lha bapak yang bikin, ya pasti tau kalo karyanya di-copy paste. Karena ada beberapa poin yang lupa diubah, dasar ndak tau malu!”

“Waduh, kok githu to bu?, kenapa mereka nggak gentle saja sih? mengajak kerjasama bapak, kurikulum dipake tapi legal. Lagian, pastinya ada dana untuk itu kan?”

“Wah, bukan nggak hanya ada dana, tapi disiapkan DANA BESAR di divisi Madrasah Development Center (MDC)”

“Lha dalah!!, trus bapak gimana? diam aja??! Uuuuuh, kalo aku udah mencal-mencak tuh. HARUS DITUNTUT!!”

“YA mau gimana lagi Wi. Kadang yang ngebuat kayak githu ya teman kita sendiri, kita masih mencoba menjaga nama baik semua. Lagian nanti bikin masalah terlalu panjang, males ngurusin yang kayak gini,” kata bapak menimpali.

Jika kurikulum buatan bapakku (bapak di Malang 😉 ) dibajak, ada teman bapak  yang merasa lebih kecewa dan gelo. Depag pernah membuat sebuah lomba menulis buku tentang bahan ajar Bahasa Arab. Menurut juri, buku karya teman bapak layak untuk diterbitkan. Namun realitanya buku karya peserta lain lah yang akhirnya muncul. Dan tahukah Anda? isi buku tersebut sebenarnya adalah hasil karya teman bapak yang dirombak di sana-sini.

“Bisa dibayangkan hasilnya? malah AMBURADUL!!, saya ndak mau pake buku itu untuk bahan ajar,” kata Ibu.

duh, Indonesiaku…..

One response to “Copy Paste…Pembajakan Karya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s