Masa Lalu & Cerita Penghubung


J : If the time could be turn back, what d u want to be change?
Mom : nothing
J : I mean, if u did a big mistake…that affects to ur life, d u want to change it?
Mom : No!
J : Why?
Mom : Coz I cant learn something If I didnt make a mistake

Kalo gak salah, githu tuh percakapan Jenna Rink dengan ibunya di pilem tadi malem, maklum deh kemampuan bahasa buleku belepotan bangetz. Lagian, nontonnya sambil berlinang air mata, uuuh…sentimentilku keluar dweh….
Sometimes, aku ngebayangin beberapa peristiwa masa lalu yang ingin aku ubah. “Seandainya waktu itu, gw ngelakuin X”. “Seandainya aku ambil keputusan A”, dan seandainya, seandainya lainnya…
“LOh, kalo aku ambil keputusan lain, berarti kejadian akan berubah. Aku akan mengalami peristiwa lain, dan tidak akan menjadi seperti sekarang”
a lesson learned.

****

Kemarin sore, one of my best fren Yayuk main ke rumah. Di sela obrolan tentang masalah keluarganya, kita sempat ngebahas tentang masa lalu. Masa laluku dan masa lalunya.
Masa lalu, bukan sebagai bagian cerita lama untuk dilupakan, apalagi dihilangkan. Masa lalu, tetap dan akan selalu menjadi penghubung, benang merah, dengan masa kini, dan masa depan.

Menerima.
Mana yang paling gampang? memberi atau menerima?. Sama dengan memaafkan atau meminta maaf, memberi dan menerima ternyata sama-sama tidak gampang dilakukan. Mungkin ada yang berpendapat memberi lebih enak dan lebih gampang dilakukan, bukankah memberi berarti tangan di atas? berarti kita berlebih, berarti kita akan mendapat pahala? tak selalu.

Ya tentu saja paling mudah menerima. Tak perlu mengeluarkan energi, hanya pasrah dengan ketentuan Ilaahi. Ah, siapa bilang tanpa energi?
Menerima membutuhkan energi IKHLAS yang super duper besar. Menerima tak hanya pasrah, tanpa melakukan apapun. Menerima berarti harus menekan ego, mengesampingkan amarah, menghilangkan dendam.

“Masa lalu, memang bukan cerita tanpa judul,” kata Yayuk.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s