Menkominfo Jamin Kebebasan Blogger


’’Selama ditugaskan menjadi menteri, saya tak akan kontrol maupun melarang kebebasan berekspresi. Sebab, kebebasan menjadi kekuatan kita. Kalau ada yang mengadili blogger, istilahnya dia kurang kerjaan,’’ kata Menkominfo Muhammad Nuh di Jakarta, kemarin.

Nah, ini kabar menggembirakan untuk semua blogger di tanah air. Menkominfo Muhammad Nuh menjamin kasus hukum yang menimpa blogger di Malaysia dan Singapura tak akan terjadi di Indonesia. Walaupun ada UU Kebebasan Informasi Publik (KIP), pemerintah menjamin kebebasan blogger dalam menulis informasi dan menyuarakan opininya dalam blog.

Blogger juga tak perlu khawatir bakal ditahan, sebab pemerintah melihat blogger sebagai orang yang yang ingin menyampaikan pendapat kepada publik. Dengan catatan, tulisan yang dimuat dalam blog dilandasi dengan etika dan kaidah moral.

“Selama tulisan tidak mengajak warga untuk keluar dari koridor NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) atau tidak mengajak orang lain saling bermusuhan, wajar-wajar saja,” tegas mantan rektor ITS itu sembari menambahkan blogger memiliki kontribusi positif terhadap masyarakat.

Nuh juga mengatakan Departemen Kebudayaan dan Pariwisata membuka kesempatan bagi lima orang blogger asing (dari Amerika Serikat, Australia, Tiongkok, Singapura, dan Malaysia) yang ingin berkunjung ke tanah air dan membuat tulisan perjalanan wisata Indonesia di blog mereka. Para blogger tersebut akan diajak melakukan perjalanan wisata ke situs-situs sejarah dan kawasan wisata yang penting di daerah Bali dan Jogjakarta.

Setelah itu, mereka menghadiri Pesta Blogger 2008 di Jakarta, yang merupakan Pesta Blogger ke-2 dan menjadi ajang temu nasional blogger terbesar di Indonesia yang digelar di Gedung BPPT II, lantai 3, Jl M.H. Thamrin No 8 Jakarta. Tema yang diusung kali ini adalah blogging for society.


3 responses to “Menkominfo Jamin Kebebasan Blogger

  1. tanpa dijamin mantan rektorku yang pinter, cerdas dan santun itu, blogger juga sudah bebas kok..

    lah, si bapaknya aja biasa aja, kok yang narsis mantan mahasiswa yang nggak pernah diajar langsung ini 😀

  2. Ya, mestinya sekarang nih pesta bloggernya Tgl 25, apa karena nunggu bule backpacker itu jadi di undur tanggal 22 Nop.
    Tapi ngga’ pa-pa lah bisa tuker informasi sesama blogger.

    ehmmmmm….githu yach…

  3. HHmmm …
    Meskipun demikian
    Bagi saya … Ini juga berarti …

    Blogger dituntut untuk tetap bertanggung jawab atas setiap postingan yang dia buat …
    Bertanggung jawab pada dirinya sendiri … Juga kepada YANG DIATAS SANA …

    Bukan Begitu Mbak ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s