Peluang Caleg Perempuan


Keputusan Mahkamah Konstitusi yang mengabulkan sebagian permohonan  uji materi UU no. 10 tahun 2008 tentang penetapan calon legislatif (caleg) terpilih berdasarkan suara terbanyak, ditanggapi beragam. Sebagian besar caleg setuju dengan keputusan tersebut (lha gimana enggak setuju, wong jumlah caleg selain nomor satu lebih banyak kan? 😀 ), meski ada juga yang menolak, atau bahkan abstain karena nggak ngeh dengan sistem yang dijalankan 😆 (lah klo githu kok nyaleg yo? sungguh mengherankan! ).

Diantara yang menolak keputusan adalah salah satu atau salah dua pengurus Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) pusat, yang beritanya sempat dimuat oleh Jawa Pos (saya lupa tanggalnya). Dalam berita tersebut ditulis, KPPI menyayangkan keputusan MK yang imbasnya mengkerdilkan perjuangan mereka dalam memperjuangkan kuota 30 persen perempuan di legislatif. Sebab beberapa partai politik sudah mulai mau menempatkan caleg perempuan di nomor jadi, alias nomor perdana.

Ehmm, saya sendiri belum tau apakah pernyataan yang diucapkan pengurus KPPI pusat tersebut merupakan kebijakan organisasi ataukah hanya pendapat segelintir orang. Karena saya sebagai keluarga besar KPPI sangat setuju dengan keputusan MK (he3, meskipun nggak aktif di parpol, dirikyu dipercaya sebagai pengurus harian KPPI Malang loh 😀 ).

Penetapan caleg terpilih berdasarkan suara terbanyak sebenarnya malah menguntungkan caleg perempuan. Dengan catatan, ia tak hanya mencalonkan diri untuk pemenuhan kuota, tapi memang memiliki kualitas dan kredibilitas yang layak untuk dipercaya sebagai wakil rakyat. Lagi pula, menurut saya, terpilih berdasarkan suara terbanyak lebih terhormat daripada hanya karena beruntung memiliki uang banyak dan ditempatkan di nomor satu.

Nah, kepada Anda semua para caleg perempuan yang ingin berjuang dalam pesta akbar Pemilu 2009 nanti, tunjukkan bahwa kalian memang layak untuk dipilih. Bekali diri dengan wawasan dan skill biar nggak malu2in saat berorasi. Meskipun saya perempuan tulen, saya nggak bakal milih kalian, jika kalian sendiri tak yakin dengan kemampuan yang kalian miliki. pisss… 😉



One response to “Peluang Caleg Perempuan

  1. setujuuu! harus dg suara tbanyak. Yg nolak perlu di curigation tuh. Tp scr psikologis, massa, terutama yg tdk melek politik cenderung mencontreng yg urutan atas.

    btw, napa tulen-nya dicontreng? 😀

    hahahaha….eh, tadi aq coret yach…?
    salah coret tuh !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s