Sambal, Si Seksi Nan Eksotis ^.^


Sakit perut dan segala hal yang menyertainya. Itu hasil dari ‘ngidam’ sambel kemarin (baca posting sebelumnya, bukan puisi). Yup, malam itu, sekitar pukul 22.30 WIB, saat harus menyelesaikan kerjaan tambahan plus iseng ngurusin farmville (hahaha ini sih nggak iseng tapi niat banget! 😀 ), keinginan untuk makan sambel (ups, tulisan yang benar SAMBAL) benar-benar nggak bisa dibendung dan akhirnya nekat bikin sambel korek super pedes dimakan sama nuget n’ tahu sutera, karena hanya dua item inilah yang bisa ditemukan di kulkas, hehehe.

hufh, NGEMIL tengah malem dengan menu utama sambal?!. merusak program hidup sehat dengan mancal yang sudah aku canangkan beberapa minggu terakhir, hiks 😦 .
Kenekatan ini, mungkin (dan memang benar) terkait erat dengan tamu bulanan yang sebentar lagi datang 😀 .  karena keinginan kuat itu  masih terulang keesokan harinya, sampai hari ini saat main ke rumah bapak di Landungsari, aku pun melengkapi menu makan siangku dengan sambal pedas!.

ehm,  bukan sedang melakukan pembenaran sih, tapi iya banget. Tadi iseng gugling bahan utama sambal alias cabe dengan memasukkan keyword ‘manfaat cabai’, and here is the result. Tahukah Anda, jika cabai itu mengandung senyawa kimia yang dinamakan capsaicin dan senyawa lain capsaicinoids yang terus terang baru aku ketahui tadi, entah jika dulu pernah dibahas dalam pelajaran di sekolah dan diriku tidak mendengarkan, hehehe 😀 .

Saat makan sambal, senyawa-senyawa capsaicinoids berikatan dengan reseptor nyeri di mulut dan kerongkongan sehingga menyebabkan rasa pedas. and then reseptor mengirim sinyal ke otak  menginformasikan kalo kita baru saja makan sesuatu yang pedas. Setelah sinyal diterima, otak meresponnya dengan menaikkan denyut jantung,  meningkatkan pengeluaran keringat, dan melepaskan hormon endorfin. Oia, hormon endorfin adalah hormon yang bisa memicu rasa tenang dan bahagia.
Khusus padaku, otak juga memerintahkan hidung untuk menumpah ruahkan persediaan (maaf) ingus, hwehehehe. Jadi bisa dibayangkan tampangku saat ke-pedes-en, uh! seksi ancur banget.

Hanya itu saja? tentu tidak. Cabai merah mengandung karoten dan vitamin C dalam jumlah besar walau tentu saja itu bukan pembenar untuk Anda makan cabai merah dalam jumlah yang banyak, hehehe. Kedua zat ini tidak terlalu banyak dikandung cabai yang berwarna kuning dan hijau. (ya iyalah!, cabai itu mah konsumsi anak keciiiiiil…. 😀 ).

Nah, senyawa dan zat yang dimiliki cabai, selain yang sudah ditulis di atas  memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Di antaranya,  capsaicin (awas jangan salah baca jadi capjay loh ya, hehehe) mampu membunuh sel kanker (diketahui dari tikus percobaan di lab nich).

Capsaicin juga bisa membunuh sel-sel saraf pada pankreas untuk penderita diabetes tipe satu, sehingga  memungkinkan sel-sel yang memproduksi insulin untuk membuat insulin lagi (lagi-lagi, tes dilakukan pada tikus).

Anda membaca sampai alinea ini. Great! jangan berhenti dan teruskan  lah membaca. Sebab makanan yang mengandung cabai diyakini mampu memperlambat proses terjadinya risiko penyakit kardiovaskular. sounds familiar with the word? he-eh, kardiovaskular ada kaitannya dengan jantung.  Lebih tepatnya seh,  penyakit kardiovaskular  merupakan istilah untuk gangguan yang menyebabkan penyakit jantung (kardio) dan pembuluh darah (vaskular).
Ada tiga bentuk penyakit kardiovaskular, yaitu penyakit jantung koroner, penyakit serebrovaskular dan vaskular perifer.  (yang terakhir ini nggak perlu dibahas karena medis banget dan ngehabisin space aja, u may gugling by ur self lah 😀 ).

Manfaat lainnya, cabai juga dianggap mampu mengendalikan pencemaran mikroba dalam makanan. Well, untuk yang ini saya belum tahu alasannya, jadi penjelasan lebih lanjut, dicari sendiri aja yach 😀 . Itung-itung olahraga jari untuk mengetik keyword dan senam mata untuk membaca kata dan kalimat yang terpampang di monitor 😉 .

Ehm, ehm, ehm, masih ada manfaat lain dari cabai, mau ditulis di awal tapi ini yang paling unik dan asik, worth it untuk diketahui bagi yang sabar membaca sampai akhir. Tapi warning nich, jangan tertawa ngakak atau cekikikan ya, kalo senyum simpul sih boleh (NOTE : senyum simpul bukan senyum ikatan atau senyum mati. hallah, itu kan jenis tali temali, bukan senyum ya? tuing, tuing…). Aduh kok semakin ngelantur.

Gini, hasil penelitian terbaru tentang cabai mengindikasikan kalo senyawa capsaicin mampu menurunkan berat badan pada penderita obesitas. *plok, plok, plok….(somebody help….gimana caranya bikin emoticon itu di wordpress yakz? maklum gaptek).

AH MASAK SEH?  itu sih kata penelitian yang aku belum tahu siapa penelitinya, dimana, dan apakah obyeknya tikus juga (kasian si mickey mouse ini, selalu dijadikan obyek penelitian).

APA kenyataannya demikian, mampu menurunkan BB?.
Aduh, kalo iya, saya sudah makan pake sambel tiap hari. Mungkin penelitian itu benar, tapi yang tidak dituliskan sebagai catatan dalam penelitian atau tidak diketahui peneliti karena belum pernah makan sambal atau bukan penyuka sambal adalah, rasa pedas merangsang seseorang untuk terus makan alias nambah, ndobel, atau apapun istilah lainnya. So, gimana bisa nurunin BB? yang ada malah NAMBAH!. 😀

Well apapun hasil penelitiannya, sambal memang maknyussss….. (sambil membayangkan makan pake sambal pedes, meler, ingusan, dengan muka dan bibir merah kepanasan. waaaaaaaaaaaah…….. 😦 😦 )




10 responses to “Sambal, Si Seksi Nan Eksotis ^.^

  1. No sambal no delicious….he…he…

    hi cerpen…. *hehehe, ur real name plisss?… 🙂
    I do agree with u, tpi kbanyakan sambel bener2 bikin sakit perut 😀
    btw, tenkyu dah mampir yach…

  2. uhuy…..
    apalgi klo tambah pete, wader goreng, nasi panas empuk mengepul…….
    habis nyangkul lgi…..
    wwahhhhh…………….

    tapi aku gak ikutan, gak kuat melernya, hahhahhah

    huwaaaaaaaa…….
    JAdi PENGiiiiiiiiiiNNnnn……hiks 😦
    ni ngidam beneran jEng… hwehehe…
    melernya itu yang paling asik, bener2 mem-bahagia-kan
    gak pake jaim apalagi sok gengsi n’ nyelebriti
    itu asiknya makan pake sambel, haduh semakin tambah pengin 😀

    kapan balik ke Malang?
    bawa oleh2 yang keren ya 😀

  3. dengan makan sambal ini apa bener bisa jadi sexy? xixixi..

    ga percaya??
    coba aja dweh… 😀

    klo udah makan 10 mangkok sambel tetep ga sexy, yaaaaaa….
    emang bawaan orok udah kek gitu tuh…hwehehe :p

  4. wow sambalnya… sangat menggoda sekali yah…
    apalagi klo di tambah lalapan plus ikan asik manterp kalee yah.. nyumi…

    hwehehehe…..
    jd laper dweh… 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s