Katanya…


Katanya.
”Eh, kata si fulan, data-data undangan ada sama kamu ya?”.
”Saya boleh minta nama-nama anggota. Katanya ada sama sampean”
”Oia, katanya kamu yang simpan berkas-berkasnya?”.

Fiuh!, katanya-katanya-katanya. Satu kata yang diucapkan oleh banyak orang dalam waktu hampir bersamaan. Mendengarnya bikin tensi naik, esmosi tumpah, dan pengin menelan hidup-hidup orang yang barusan ngomong “katanya” #lebaaaayy 😀 . Untung saya lagi dapat diskon gak puasa, jadi kalopun sebel, nggak mbatalin puasa dech #pembenaran aja, haha.

Oke, lanjut!. “katanya” memang dpat menjadi pembenar, penguat dalil (paling gampang) untuk sebuah data yang akurasinya masih dipertanyakan.
Kenapa dipertanyakan? Sebab kita tidak tahu (nya) sesudah kata itu kembali ke siapa. Apakah (nya) yang berkata tersebut mempunyai kredibilitas yang bisa dipertanggung jawabkan atau tidak. Ataukah si (nya) hanya asal berkata untuk melepas tanggung jawab yang sebenarnya ada padanya, atau (lagi) ia sekadar berucap sambil lalu tanpa menyadari perkataannya mempunyai efek besar yang merugikan orang lain.

Parahnya, (nya) biasa berkata kepada orang lain, baik perorangan atau dalam forum saat subyek yang menjadi topik pembicaraan tidak ada di sana, sehingga tidak ada tahapan konfirmasi dan klarifikasi. Orang yang mendengar (nya) menerima mentah-mentah apa yang dikatakan, dan dengan pongah serta gegabah melanjutkan perkataan (nya) kepada subyek yang (unfortunately) tidak tahu menahu topik pembicaraan sebenarnya. #stop, bernapas dulu… 😀

Kita, tanpa disadari, seringkali bersembunyi di balik “katanya” dan sudah merasa benar untuk kemudian menyalahkan orang lain. Bahkan, ketika mendengar penjelasan pun tetap keukeuh bertahan pada dalil “katanya” tersebut. Swear puyeng juga ngomong sama orang yang sedikit2 mengucap “katanya…”.

#edisi curcol abeeeessss 😀

2 responses to “Katanya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s