PHP itu Bernama CPNS Online


Saat membaca listing berita wartawan tentang CPNS Online yang akan diselenggarakan serentak pada tahun ini, ada satu pertanyaan besar yang langsung terlontar “Apa server siap?”, “Apa sinyal wifi atau jaringan internet mampu melayani kebutuhan akses pelamar yang membutuhkan kecepatan tinggi?”, “Apa penyelenggara dalam hal ini pemerintah daerah dan semua instansi bisa menyiapkan set komputer ataupun laptop dalam jumlah banyak dalam satu waktu?”. 

Maklum saja, konsep CPNS Online kali ini bukan hanya pendaftarannya saja yang online, tapi pelamar juga harus menjawab pertanyaan dalam tes secara online, bersama-sama, serentak. Meskipun online, pengerjaan tes CPNS Online harus dilakukan di tempat yang sama, tidak boleh di rumah masing-masing. Tahun lalu, ada sekitar 2600 lebih pelamar CPNS di Kota Malang. Nah, kalau tahun ini juga sejumlah itu, maka harus menyiapkan 2600 komputer. Jelas tidak mungkin. Jika ada 100 komputer tersedia, maka tes harus dilakukan paling tidak ya 26 hari, mendekati sebulan!. 

Semua pertanyaan saya tadi pasti tercetus di benak siapapun yang membaca tentang CPNS Online. Kenapa? karena pengalaman sehari-hari kita dalam mengakses jaringan internet, wifi, atau saat masuk dalam website tertentu sudah memberikan pelajaran. Jaringan inet bakalan lemot saat digunakan oleh banyak orang, mendapatkan bonus mati-hidup-mati agak lama-lalu hidup lagi, adalah hal yang amat sangat biasa. Kita diminta (baca: dipaksa) untuk menolerir kekuatan sinyal dan jaringan internet di tanah air yang masih rendah.  

Pengalaman saya dengan wifi di rumah bisa menjadi contoh. Saat awal-awal menjadi pelanggan,  senang banget karena kecepatannya membuat betah untuk tetap berselancar di dunia maya. Tapi lama kelamaan, kecepatan semakin berkurang dan mulai sedikit-sedikit mati, jaringan limitted lah, atau bahkan tidak ada sinyal sama sekali. Mangkel? banget!. Tapi apa yang bisa saya lakukan? *saking apatisnya dengan layanannya, saya enggan melapor ke 147 tentang gangguan tersebut. (eh, sudah tau dong saya memakai wifi apa kalo melapornya harus ke 147, hehehe). Tapi dua minggu lalu, karena sama sekali nggak bisa diakses seharian setelah berhari-hari on-off-on-off, saya akhirnya memaksakan diri menelpon 147 dan alhamdulillah lho, setelah ditangani si mbak CS yang meminta untuk meng-OFF-kan modem sementara waktu sembari melaporkan keluhan tersebut ke teknisi, akses bisa kembali lancar.

PELAJARAN: jangan gampang apatis, kalo jaringan wifi dan internet di rumah ngadat, jangan sungkan-sungkan menelpon 147!! hehehe. 

Masih terkait kecepatan jaringan dan server. Saat pendaftaran sekolah online di Kota Malang saja, selalu diwarnai dengan server yang ngadat berjam-jam. Kejadian ini terulang setiap tahun. Setidaknya sampai tahun ini, ketika orang tua siswa harus menunggu sampai siang hanya untuk bisa log in. Semoga 2015 sudah bisa lebih baik ya? hopefully.

Nah, apalagi membayangkan pendaftaran CPNS Online yang digelar secara serentak untuk nasional!. Wah, wah bisa dibayangkan berapa orang yang akan mengakses website dalam waktu bersamaan? wong pendaftar untuk CPNS di daerah saja mencapai ribuan padahal formasi yang ditawarkan hanya belasan atau puluhan. Tapi ya itulah pejabat kita, apakah mereka terlalu percaya diri, terlalu patuh pada skedul, mengerjakan sesuatu dengan kajian minim, takut pada atasan, terlanjur ngomong ke publik atau apalah -saya tak tau bagaimana mendeskripsikannya dengan jelas-, akhirnya meluncurlah website pendaftaran untuk CPNS online pada 24 Agustus lalu, yang berita lanjutannya Anda mungkin sudah tahu. Tak ada satu pun warga yang berhasil log in setelah beberapa hari web dilaunching. Formasi lowongan juga tidak ditulis dengan jelas (yang ternyata karena belum semua instansi menyerahkan formasi lowongan, atau bahkan ada formasi dari Pemda yang belum disetujui oleh Kemenpan).Gimana mau di-upload kalau formasinya belum disetujui?.

Ehm, meminjam istilah remaja sekarang, saya bisa mengatakan kondisi ini enggak banget deh, gileeee benner!!. Kok bisa ya, mereka melaunching website dan mengumumkan pendaftaran padahal pada waktu bersamaan mengetahui belasan instansi dan pemda belum memberikan formasi untuk di-upload. Kok bisa mereka mengumumkan sesuatu yang sebenarnya diketahui belum layak untuk dilaunch. Ini benar-benar di luar nalar dan logika saya. KOK BISA?. wes emboh wes….it’s Ok wae mas….it’s Ok wae…. #singing

Para pejabat itu menjadi PHP ulung untuk jutaan masyarakat Indonesia yang memang terkenal sebagai pemburu PNS. Berita di jpnn.com mengungkapkan, ada 100 juta orang yang mengakses portal Panselnas tersebut dalam sehari sehingga membuat server down. Prediksi saya, 100 juta orang itu bukanlah orang yang berbeda-beda. Bisa jadi, hanya 1 juta hingga 5 juta orang yang mencoba untuk mengakses sampai 20 kali sampai 100 kali dalam sehari dan ternyata tetap tidak bisa log in.

Setelah berhari-hari server down. Akhirnya, pendaftaran CPNS online diundur hingga 7 September, yang kemudian dianulir lagi dan diundur hingga 12 September karena pendaftaran dibuka ulang mulai 1 September. Apakah Senin lusa akan lancar seperti harapan? ya semoga saja…… 

*******

Ok, tulisan ini saya terusin hari ini -hari dimana pemerintah menjadwal ulang pendaftaran CPNS Online. Bagaimana kabarnya? sudah adakah calon pelamar yang sukses?. Ternyata, website http://panselnas.menpan.go.id juga belum bisa diakses. OMG, bener2 PHP kelas wahid ya!

Buat teman-teman yang saat ini sedang berjuang ingin mendaftar CPNS Online, yang sabar ya. Kumpulkan stok kesabaran sebanyak mungkin, jadi saat ada yang habis, masih ada penggantinya. Ingat aja kalo Allah itu selalu bersama orang yang sabar, cheeeeeers ^^

 

One response to “PHP itu Bernama CPNS Online

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s